Friday, October 14, 2011

Tuhan Beserta Kita

Tuhan beserta artinya adalah kasih karunia Tuhan ada dalam hati seorang manusia. Penyertaan Tuhan merupakan kasih karunia yang Ia berikan kepada manusia sehingga manusia dapat merasakan betapa Tuhan menyayangi dan melindungi manusia tersebut. Jika seseorang ingin disertai Tuhan tentu saja umat tersebut harus mentaati firman Tuhan yang ada. Penyertaan Tuhan yang diberikan ada syaratnya jika umat tersebut ingin terus disertai oleh Tuhan. Syaratnya adalah :
  • Mengajarkan segala sesuatu yang diajarkan - Nya
Hal ini berarti setiap umat harus mengajarkan firman Tuhan yang telah diberikan - Nya melalui Alkitab yang telah diberikan kepada umat - Nya tanpa ditambah ataupun dikurangi. Hal ini dapat dilihat dalam kitab Mat. 28 : 20. Tuhan mengatakan akan menyertai sampai akhir, tetapi hal tersebut bukan perkataan yang diucapkan cuma - cuma. Jika dilihat dari ayat sebelumnya, Tuhan mengatakan harus mengajar barulah diayat setelahnya dikatakan "Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
  • Beribadah
Setiap ibadah yang dilakukan umat - Nya dengan benar akan disertai oleh - Nya. Dikatakan dalam Mat 18 : 19 - 20. Pada kedua ayat tersebut mengandung kata "di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka". Terdapat kata berkumpul dalam nama - Ku, hal tersebut berarti pada saat uamt - Nya berkumpul harus didalam nama Tuhan yaitu Tuhan Yesus, barulah Tuhan akan ada di tengah - tengah uamt - Nya. Jika dalam beribadah tidak serius, maka orang yang mengadakan ibadah tersebut akan tetap lemah karena Tuhan tidak menginginkan ibadah yang sekedar formalitas saja.

Tuhan selalu beserta jika kita sudah melakukan kedua hal diatas. Tuhan selalu menyertai kita meskipun pada saat yang kritis sekalipun. Ia tidak akan meninggalkan umat - Nya yang setia, oleh karena itu Tuhan menyertai kita pada saat :
  • Lemah Iman
Pada saat sakit atau lemah iman yang ada pada umat - Nya, maka firman yang diberikan pada saat beribadah akan diambil oleh  si jahat. Pada Mat 13 : 24 - 25 dikatakan bahwa "Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi." Hal ini menyatakan bahwa jika pada saat beribadah umat - Nya tidak mempersiapkan diri maka yang terjadi adalah firman tersebut akan berlalu begitu saja. Hal yang perlu diperhatikan agar penyertaan Tuhan nyata dalam beribadah adalah tetap "terjaga" seperti yang ada pada Ams 6 : 4 - 5.
  • Penderitaan dan Kesedihan
Pada saat penderitaan dan kesedihan terjadi, Tuhan akan menghibur umat - Nya dengan berbagai cara yang tidak dapat ditebak oleh siapapun sehingga penghiburan teresbut dapat menjadi kekuatan bagi umat - Nya untuk dapat bertahan dari penderitaan dan kesedihan yang dialami sehingga dapat tetap menjadi umat - Nya yang kudus. Penghiburan yang Tuhan berikan adalah penyertaan - Nya yang dinyatakan pada umat - Nya sehingga umat - Nya dapat terhibur seperti kata - kata dalam pujian yang dinyanyikan dapat menjadi suatu penghiburan tersendiri untuk umat - Nya.




Imanuel
Pembicara : Pdt. Budiman

No comments:

Post a Comment